Penanaman di Blitar Selatan
Penanaman di Blitar Selatan

Sahabatmenanam.com – Jum’at 21 Desember 2018, Sekretariat Bersama (Sekber) Rehabilitasi Hutan Lindung Blitar yang terdiri dari Pemerintah Kabupaten Blitar c.q. Dinas Lingkungan Hidup, Perum Perhutani KPH Blitar, Pemerintah Desa Serang dan Sahabat menanam melaksanakan rehabilitasi hutan lindung di Blitar Selatan.

Kegiatan rehabilitasi hutan lindung ini dilaksanakan di petak 59D KRPH Serang dengan luas 60 hektar. Pada tahap awal ini ditanam pada lahan seluas 20 hektar dengan 20.000 bibith pohon tanaman MPTS (Multi purpose trees species) sebgai tanaman konservasi hutan lindung yang tiadk boleh diambil/dipotong/ditebang kayunya tetapi masih dapat diambil hasilnya (selain kayu)

Secara simbolik kegiatan ini dibuka oleh Bupati Blitar, Drs. RIjanto MM dan diikuti lebih dari 200 peserta yang teridi dari Forkopimda, Kepala SKPD terkait, jajaran Perum Perhutani KPH Blitar, Pimpinan Bank Jatim, Pimpinan Bank BRI, Pimpinan Bank BNT, PSHT Cabang Blitar, Penggiat Lingkungan, LMDH, Pokmaswas dan Pokdarwis Desa Serang.

Sebelum mebuka acara secara simbolik, Bupati Blitar menerima anugerah Rimbawan dari Administratur KPH Blitar Ir. Nanagn Sugharto, MSI.  Dalam sambutannya, Bupati Blitar mengingatkan bahwa ” Dalam menyelamatkan hutan lindung, kita harus kompak. Karena dengan kompak pasti bisa!”. Hal tersebut disambut positif oleh Kepala administratur KPH Blitar di sela-sela kegiatan penanaman, “kegiatan awal ini adalah simbol dimulainya gotong royong bersama semua pihak di dalam pembangunan lingkungan khusunya hutan di Kabupaten Blitar agar memberikan manfaat bagi bumi, masyarakat dan masa depan.”

Dalam laporan Ketua Panitia kegiatan Penanaman sekaligus ketua Sekber Mas Andry Wahyu TP, S.Hut meyampaikan “ini adalah kegiatan kolektif, sinergis dan berkelanjutan dalam usaha memperbaiki lingkungan, serta nantinya akan ada upaya perawatan dan monitoring rutin oleh semua pihak yang ikut serta dalam kegiatan penanaman ini. selain itu, meskipun penanaman ini dilakukan dikawasan Hutan Lindung kami berharap kedepan dapat memberikan manfaat baik secara ekologi dan ekonomi bagi masyarakat setelah dapat di integrasikan dengan pengembangan wisata Pantai Serang”.