Penanaman 2000 mangrove mangrove di pantai pasur
foto bersama

 

Kegiatan penanaman mangrove jenis rizopora sp. berjumlah 2000 pohon di pantai pasur Desa Bululuawang Kec. Bakung – Blitar adalah titik awal Sahabat Menanam untuk berkomitmen bersama – sama menyehatkan mutu lingkungan menuju Blitar Berseri 2030. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 7 – 8 mei ini di ikuti oleh 166 peserta dari berbagai komunitas di Kab. Blitar dan mahasiswa Fakultas Perikanan Universitas Brawijaya Malang.

Kegiatan pada hari pertama meliputi pendaftaran peserta, sosialisi kepada masyarakat tentang pentingya peduli terhadap lingkungan, mengingat didaerah pantai pasur sering terjadi banjir rob dan luapan muara air sungai ketika hujan datang dan malam harinya diadakan saresehan lingkungan yang membahas isu – isu dan permasalahan perihal lingkungan serta pertunjukan – pertunjukan yang ditampilkan oleh peserta. Hari kudua adalah inti dari kegiatan ini, bersama – sama masyarakat peserta diajak untuk memetakan tempat calon penanaman pohon mangrove serta menyiapkan bibit pohon yang akan ditanam, lalu tibalah waktu penanaman yang dikemas secara fun game dan edukasi, dimana peserta diajarkan cara menanam yang benar, ada juga yang menanam sambil menaiki perahu nelayan dan tidak ketinggalan adalah water game.

penanaman mangrove jenis rizopora sp.

Penanaman mangrove ini dibiayai sukarela dan gotong royong masyarakat, panitia, peserta, dan beberapa donatur yang peduli terhadap lingkungan. Kegiatan ini juga dihadiri wakil bupati blitar Drs. Rianto MM beserta dinas dinas terkait untuk berpartisipasi serta memberikan dukungan agar kegiatan berjalan dengan lancar dan terus bisa terlaksana di tahun – tahun berikutnya. Dolis setiawan selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan sebagai sarana mengumpulkan pemuda pemudi Blitar untuk membuat wadah agar bisa menampung aspirasi dan karya dari masyarakat dan pemuda pemudi di blitar, lalu terbentuknya sahabat menanam sebagai wadah untuk berkarya bagi pemuda pemudi di blitar.