Pengiriman Pohon Beringin
Pengiriman Pohon Beringin

Sahabatmenanam.com – Sabtu, 16 Februari 2019 sahabat menanam melakukan perjalanan ke Dsn. Sendangbiru, Ds. Tambakrejo, Kab. Malang untuk menghadiri Cangkrukan Clungup Conservation Tiga Warna.

Acara cangkrukan ini sebenarnya merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Kelompok Masyarakat Pengawas yang ada di wilayah jawa timur. Pada kesempatan ini CMC Tiga warna menjadi tuan rumah untuk kegiatan cangkrukan ini.

Selain mengikuti cangkrukan bersama pokmaswas di Jawa Timur, Sahabatmenanam mempunyai agenda lain yaitu penanaman pohon beringin di sumber mata air sendangbiru yang menjadi cikal bakal dusun sendangbiru.

Bibit pohon beringin dibawa menggunakan sepeda motor melalui rute selatan, yaitu Binangun – Kalipare – Balekambang – Sendangbiru. Butuh waktu kurang lebih 2,5 jam perjalanan dari rumah caping menuju ke Sendangbiru.

Pengiriman Pohon Beringin
Pengiriman pohon beringin ke Sendangbiru, Kab. Malang

Sarasehan Pengembangan Konservasi Wilayah Pesisir dan Uji Coba Pembelajaran Jarak Jauh Bidang Ekowisata

Cangkrukan Konservasi
Cangkrukan Konservasi

Malam harinya, sarasehan Pengembangan Konservasi Wilayah Pesisir dan Uji Coba Pembelajaran Jarak Jauh Bidang Ekowisata dihadiri oleh Cak Kandar, Pak Saptoyo, Prof. Diana, Pak Gede dan beberapa tokoh lainnya.

Sarasehan berlangsung sampai tengah malam dengan berbagai topik perbincangan seputar konservasi di pesisir pantai maupun sungai yang bisa dikembangkan ke arah ekowisata tanpa harus mengorbankan konservasi.

Selain itu Universitas Brawijaya juga melakukan demo untuk pembelajaran jarak jauh bidang ekowisata.

Penanaman Pohon Beringin

Bibit pohon beringin di sendangbiru
Secara simbolis menyerahkan bibit pohon beringin

Keesokan paginya, sahabatmenanam dan masyarakat Sendangbiru melakukan penanaman pohon beringin di sekitar sumber mata air sendangbiru. Sumber mata air ini merupakan cikal bakal berdirinya sendang biru.

Penanaman pohon beringin ini juga dilakukan di pinggiran sungai untuk mengantisipasi tanah ambles ketika air sungai mengalir deras.

Mengunjungi CMC Tiga Warna

Diskusi di Pantai Tiga Warna
Diskusi di Pantai Tiga Warna

Sebelum pamit pulang untuk kembali ke Blitar, teman-teman sahabatmenanam mengunjungi kawasan yang dikelola oleh CMC Tiga Warna. CMC sendiri merupakan kependekan dari Clungup Mangrove Conservation yang juga mengelola Pantai Clungup, Pantai Gatra dan Pantai Tiga Warna.

Pantai Tiga Warna
Pantai Tiga Warna

Pembatasan pengunjung di Pantai Tiga Warna dan melakukan pencatatan barang bawaan yang berpotensi menjadi sampah merupakan salah satu aturan yang cukup baik dan terbukti efektif untuk mengurangi sampah yang ada di pantai.

Ada banyak pelajaran seputar konservasi dan pengelolaan tempat wisata yang bisa dipelajari dari perjalanan kali ini.